PENILAIAN DAN PELANTIKAN PRAMUKA GARUDA ANGKATAN III TAHUN 2021 DAN ANGKATAN I TAHUN 2022

     

    klik disini

    MENDAFTAR ONLINE  | DOWNLOAD BERKAS |
    |

     

    Atas dasar keputusan Rapat Andalan Binamuda Kwarcab Klaten tanggal 21 Agustus 2021. Bahwa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Klaten dalam usaha peningkatan jumlah pramuka garuda, kembali akan melaksanakan Program Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda Angkatan III 2021 bagi anggota muda/ peserta didik pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

    Pramuka Garuda merupakan tingkat kecakapan tertinggi pada setiap jenjang peserta didik yang mencerminkan partisipasi, bakti, prestasi, prakarsa dan keteladanan.

    Untuk itu diberikan kesempatan kepada peserta didik yang telah mencapai kecakapan umum tertinggi pada jenjang pramuka (Siaga Tata, Penggalang Terap, Penegak Laksana dan Pandega) untuk menempuh kecakapan Pramuka Garuda.

    Bagi 100 orang pendaftar awal GRATIS atau tidak dipungut biaya, adapun kelebihan peserta/ no pendaftar >100 dipungut  biaya untuk konsumsi dan lencana garuda sebesar Rp 50.000 per orang..

    Adapun rencana tahapan pelaksanaannya diatur sebagai berikut :

    1. Pada Nopember 2021, dilaksanakan distribusi edaran dan sosialisasi Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda melalui website, sosial media dan dalam kegiatan dianpinru, kursus / pertemuan pembina pramuka.
    2. PENDAFTARAN AWAL, dimulai pada 1 Desember 2021 secara online di website Kwarcab Klaten https://www.pramukaklaten.or.id
    3. DOWNLOAD. Peserta melakukan download formulir dan berkas persyaratan di website Kwarcab.
    4. PORTOFOLIO, peserta mulai membuat dan menyusun portofolio, disampul dan dijilid. Warna kertas sampul untuk jenjang Siaga= hijau, Penggalang = merah, Penegak = kuning dan Pandega = coklat..Dan apabila telah selesai, menyerahkan ke Tim Penilai di Kwarcab. Penyerahan portofolio dibatasi selambat-lambatnya pada Jumat/ 24 Desember 2021 pukul 13.00
    5. VERIFIKASI DATA, Pada 24d. 26 Desember 2021 Tim Penilai Pramuka Garuda melakukan verifikasi persyaratan dan portofolio calon pramuka garuda. Apabila diperlukan dapat dilaksanakan wawancara luring atau daring terhadap calon Pramuka Garuda.
    6. PENGUMUMAN, Pada 26 Desember 2021 sore disampaikan pengumuman hasil penilaian oleh Tim Penilai Pramuka Garuda Kwartir Cabang Klaten 
    7. UPACARA PELANTIKAN, tanggal dan waktu akan ditetapkan kemudian, menunggu undangan dari kwarcab lewat pangkalan gudep/ sekolah masing-masing.
    8. Bagi yang tidak dapat menyelesaikan pada tahapan waktu di atas, berkas akan tetap diterima dan diproses untuk Penilaian dan Pelantikan Pramuka Garuda Angkatan I Tahun 2022. Berkas Portofolio diserahkan ke panitia penilai kwarcab selambat-lambatnya pada 15 Februari 2022.

    Berkas persyaratan portofolio pramuka garuda  Terdiri dari: 

    1. Biodata dan 2 lembar, ukuran  3 X 4 berseragam pramuka tidak mengenakan topi atau baret, background warna merah,
    2. Formulir penilaian pramuka garuda
    3. Fotokopi KTA Pramuka  (bila sudah memiliki)
    4. Fotokopi Syarat Kecakapan Umum (SKU)
    5. Daftar jenis, tingkat dan jumlah TKK yang dimiliki dan Surat Keterangan/ buku Pencapaian SKK (sedikitnya 3 tingkat utama, 2 tingkat madya/ kecuali TKK siaga, tidak ada tingkatan.  Macam TKK  meliputi 5 bidang TKK)
    6. Fotokopi nilai rapor sekolah/ kuliah dua semester terakhir
    7. Daftar partisipasi dan prestasi kegiatan kepramukaan dan fotokopi piagam penghargaan peserta kegiatan maupun penghargaan prestasi kegiatan kepramukaan.
    8. Daftar partisipasi dan prestasi kegiatan kemasyarakatan/ di luar kepramukaan dan fotokopi piagam penghargaan peserta kegiatan maupun penghargaan prestasi kegiatan di luar kepramukaan.
    9. Surat pernyataan kelakuan baik  dari orang tua diketahui oleh ketua RT atau RW setempat,
    10. Surat Keterangan/ Rekomendasi kepala sekolah dan dari pembina gugus depan  
    11. Penguasaan IT dan Komputer, membuat video durasi 2 s.d. 5 menit, tema : Kegiatan Kepramukaan. Diupload di Youtube atau web lain. Link video di serahkan bersama portofolio.
    12. Penguasaan Bahasa Inggris, membuat karangan tertulis berbahasa Inggris dengan tema kegiatan pramuka/ scout activity. Bagi siaga menggunakan Bahasa Indonesia. Karya tulis dilampirkan di portofolio.
    13. Membuat satu hasta karya yang bernilai jual. selain barang kerajinan/ souvenir, dapat berupa teknologi tepat guna lain,  misalnya pembuatan makanan ternak/ ikan, budidaya tanaman, hidroponik, pengolahan limbah dsb. Foto hasil karya dilampirkan. Hasil diserahkan atau ditunjukkan tim penilai.
    14. Berkas portofoio dibendel dengan kertas sampul warna Hijau=Siaga, Merah=Penggalang, Kuning=Penegak  dan Cipklat Muda=Pandega. Memuat tulisan: Portofolio Penilaian Pramuka Garuda Kwarcab Klaten, Nama Lengkap, Jenjang (siaga/penggalang/ penegak), Sekolah/ Pangkalan Gudep, Tahun .

    ( Dasar : Kep Kwarnas 038 Tahun 2017 tengtang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda, dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi pembinaan pramuka  masa  pandemic di Kab. Klaten)

    © 2012 pramukaklaten.or.id All Rights Reserved. Designed By JoomShaper
    https://kuntogelofficial.com https://officialdaya4d.com https://daya4d.id https://rumah303official.com/ https://bacansportsofficial.com/ https://jagoan303official.com/ https://cerita77official.com/ https://naanii.es/ http://www.sunglasseshut.co/ https://craft-gift.net/ https://192.248.158.38/ https://198.13.62.205/ https://66.245.192.155/ https://66.245.195.74/ https://64.225.72.77 https://daya5.com https://j-endometriosis.com/